Penulis / NIM
FINDRIANI LASANUDIN / 411414077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
Abstrak : Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi garis singgung lingkaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Timur semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian kelas VIII-A di sekolah SMP Negeri 1 Bulango Timur sebanyak 24 orang. Instrumen peneletian adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk essay pada materi garis singgung lingkaran. Untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika digunakan 3 indikator yaitu : (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian masalah atau merumuskan model matematika, dan (3) menyelesaikan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Timur pada materi garis singgung lingkaran dengan persentasi 60,55 % berada pada tingkat kategori sedang.
Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Garis Singgung Lingkaran
Abstract : Analysis of Students Mathematical Problem-solving of a Lesson Tangent Line in a Circle: A Research on Class VIII Junior High School SMP Negeri 1 Bulango Timur. The objective of this research is to analyze students mathematical problem-solving of a lesson tangent line in a circle. This research was conducted at class VIII-A Junior High School SMP Negeri 1 Bulango Timur. The subject involved 24 students in the research site, academic year of 2017/2018. Furthermore, the research instrument is an essay test of mathematical problem-solving of a lesson tangent line in a circle. Three indicators, i.e., (1) understanding problems, (2) planning or formulation of the mathematical model, and (3) problem-solving were used to examine the students problem-solving ability. The result shows that the students problem-solving of a lesson tangent line in a circle reaches 60.55%, moderate category.
Keywords: Mathematical Problem-solving, Tangent in a Circle
Download berkas