SKRIPSI

Penulis / NIM
FINDRIANI LASANUDIN / 411414077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
Abstrak : Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi garis singgung lingkaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Timur semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian kelas VIII-A di sekolah SMP Negeri 1 Bulango Timur sebanyak 24 orang. Instrumen peneletian adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk essay pada materi garis singgung lingkaran. Untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika digunakan 3 indikator yaitu : (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian masalah atau merumuskan model matematika, dan (3) menyelesaikan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Timur pada materi garis singgung lingkaran dengan persentasi 60,55 % berada pada tingkat kategori sedang. Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Garis Singgung Lingkaran Abstract : Analysis of Students Mathematical Problem-solving of a Lesson Tangent Line in a Circle: A Research on Class VIII Junior High School SMP Negeri 1 Bulango Timur. The objective of this research is to analyze students mathematical problem-solving of a lesson tangent line in a circle. This research was conducted at class VIII-A Junior High School SMP Negeri 1 Bulango Timur. The subject involved 24 students in the research site, academic year of 2017/2018. Furthermore, the research instrument is an essay test of mathematical problem-solving of a lesson tangent line in a circle. Three indicators, i.e., (1) understanding problems, (2) planning or formulation of the mathematical model, and (3) problem-solving were used to examine the students problem-solving ability. The result shows that the students problem-solving of a lesson tangent line in a circle reaches 60.55%, moderate category. Keywords: Mathematical Problem-solving, Tangent in a Circle
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011