Penulis / NIM
VIVI FRANINGSI USU / 411414081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
Vivi Franingsi Usu. Nim 411414081. Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 3 Limboto. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2018
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (2) Novianita Achmad,S.Si., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dari siswa yang dibelajarkan menggunakan metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) dan metode Ekspositori pada materi sistem persamaman linear dua variabel. Metode Penelitian adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VIII semester ganji tahun ajaran 2018/2019. Rancangan Penelitian adalah Post test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Limboto. Sampel penelitian adalah kelas VIII-3 yang dibelajarkan menggunakan metode Penemuan Terbimbing (Guided Dicscovery) dan kelas VIII-4 dibelajarkan menggunakan metode Ekspositori. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Intrumen penelitian adalah tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika dari siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) lebih tinggi dari metode pembelajaran Ekspositori. Ini berarti metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) lebih unggul dalam membelajarkan materi sistem persamaan linear dua variabel dikelas VIII SMP Negeri 3 Limboto.
Kata Kunci : Hasil Belajar matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Metode Pembelajaran Penemuan Tebimbing (Guided Discovery), Metode Ekspositori.
Download berkas