SKRIPSI

Penulis / NIM
I WAYAN AGUS WIDIANA / 411414091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK I Wayan Agus Widiana. 411414091. 2018. Pengaruh Multimedia Sistem Koordinat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bermaksud untuk melihat pengaruh multimedia sistem koordinat dengan melihat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan multimedia sistem koordinat dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan powerpoint. Hipotesis dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia sistem koordinat lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan menggunakan powerpoint pada materi sistem koordinat di kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo sedangkan sampel yang terpilih melalui teknik simple random sampling diperoleh kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan multimedia sistem koordinat dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan powerpoint dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berbentuk essay. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia sistem koordinat lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan menggunakan powerpoint pada materi sistem koordinat. Hal ini diperkuat dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dimana t_hitung=1,858 > t_tabel=1,686. Kata Kunci: Multimedia Sistem Koordinat, Hasil Belajar Matematika, Sistem koordinat. ABSTRACT I Wayan Agus Widiana. Student ID: 411 414 091. 2018. The Influence of Coordinate System Multimedia towards Students Mathematics Learning Outcome in Grade VIII Class of Junior High School SMP Negeri 11 Gorontalo. Undergraduate Thesis. Department of Mathematics Education. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. Co-supervisor: Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd. The experimental study intends to investigate the influence of coordinate system multimedia by identifying differences in students learning outcome of Mathematics subject implementing PowerPoint media and coordinate system multimedia. The research hypothesized that implementation of coordinate system multimedia in Mathematics learning in Grade VIII class of Junior High School SMP Negeri 11 Gorontalo results in higher average score of students learning outcome than that which implements PowerPoint. Two classes, i.e. VIII-D class as the experimental class and VIII-B as the control class (each class consisted of 20 students), were selected as sample out of population of all Grade VIII class students by involving simple random sampling technique. Moreover, the data were collected in form of essay. The result shows that implementation of coordinate system multimedia in Mathematics learning results in higher average score than that which implements PowerPoint media in coordinate system topics. The notion is supported by hypothesis t-test, in which: tcount of 1.858 > ttable of 1.686. Keywords: Coordinate system multimedia, Mathematics learning outcome, Coordinate system.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011