Penulis / NIM
						JEFRI RIVAI / 411414096
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
						Abstrak
						Jefri Rivai, NIM. 411414096 Keaslian (originality). Deskripsi Keterampilan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd, (2) Dra. Kartin Usman, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Keterampilan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Negeri 1 Gorontalo, dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Gorontalo sebanyak 24 siswa. Adapun subjek wawancara dipilih 9 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Instrument tes digunakan untuk memperoleh  data kognisi sedangkan wawancara yang merupakan instrument utama pada penelitian ini digunakan untuk memperoleh data Keterampilan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Negeri 1 Gorontalo. Untuk melihat Keterampilan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika digunakan 3 indikator yaitu: (1) Merencanakan; (2) Memonitoring; (3) Mengevaluasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa untuk hasil kognisi tinggi siswa tersebut cenderung menggunakan keterampilan metakognisinya, untuk hasil kognisi sedang siswa tersebut hanya menggunakan dua dari tiga indicator keterampilan metakognisi dan untuk hasil kognisi rendah siswa tersebut cenderung tidak menggunakan atau tidak memiliki keterampilan metakognisi.
Kata kunci : Keterampilan Metakognisi Siswa, Pola Bilangan
						Download berkas