SKRIPSI

Penulis / NIM
SARTIKA S LAMAKA / 411414098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
Sartika S Lamaka, NIM. 411414098. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Materi Persegi Panjang dan Persegi Di Kelas VII B SMP Negeri 1 Suwawa Timur. SKRIPSI. Jurusan matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2019. Pembimbing:(1) Dra. Lailany Yahya, M.Si. (2) Novianita Achmad, S.Si., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelejaran inkuiri materi segi empat (persegi panjang dan persegi) pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Suwawa Timur. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIB dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 6 kali peretemuan dengan menggunakan model pembelajran inkuiri. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan atau observasi dan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir pembelajaran siklus I, kriteria penilaian pada hasil pengamatan kegiatan guru di peroleh kriteria penilaian minimal baik mencapai 42,86%. Hasil pengamatan aktifitas siswa diperoleh kriteria aktif mencapai 75%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 61,91% atau 13 siswa mencapai kritria ketuntasan minimal atau memperoleh nilai > 75 dan 8 siswa atau 38,09% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal atau memperoleh nilai < 75. Dengan demikian disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Hasil pengamatan kegiatan guru dan aktifitas siswa pada siklus II, kriteria penilaian pada hasill pengamatan kegiatan guru diperoleh kriteria penilaian baik mencapai 85,71% hasil pengamatan kegiatan siswa diperoleh kriteria penilaian aktif mencapai 87,5%. Hasil belajar siswa pada siswa pada siklus II diperoleh 85,71% atau 18 siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal atau memperoleh nilai > 75 dan 14,29% atau 3 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal atau memperoleh nilai < 75. Hal tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi persegi panjang dan persegi di kelas VIIB SMP Negeri 1 Suwawa Timur. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Inkuiri, Persegi Panjang dan Persegi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011