Penulis / NIM
SANDRA R. PANGULU / 411414100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
ABSTRAK
Sandra R. Pangulu, NIM. 411414100. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2019.
Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.pd, (2) Novianita Achmad, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pendekatan konvensional pada materi torema Pythagoras. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VIII semester genap tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian adalah post test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga. Sampel penelitian adalah kelas VIII-2 yang dibelajarkan menggunkan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan kelas VIII-3 dibelajarkan menggunakan pendekatan konvensional. Instrumen penellitian adalah tes kemampuan komunikasi matematika siswa berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan konvensional. Ini berarti pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih unggul dalam pembelajaran materi teorema Pythagoras dikelas VIII SMP Negeri 2 Telaga.
Kata kunci : Kemampuan, Komunikasi Matematika, Pendekatan pembelajaran Matematika Realistik, Pendekatan Konvensional.
Download berkas