SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD EFENDI B. ISKANDAR / 411414119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
Mohamad Efendi B. Iskandar, NIM. 411414119. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Problem Based Learning pada Materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (2) Khardiyawan A.Y. Pauweni, S.Pd., M.Pd Penelitian dilakukan di kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan dan siklus kedua teridiri dari tiga pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi kegiatan guru mengelola problem based learning, lembar observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran dan tes tertulis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes tertulis. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning di kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini ditunjukan pada hasil kemampuan pemecahan masalah matematika mengalami peningkatan dari 36,00% di siklus I menjadi 88,00% di siklus II. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Problem Based Learning, Bilangan Pecahan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011