Penulis / NIM
DEWISRI SURAYI TUMIRAN / 411414120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga pecahan terhadap hasil belajar matematika di kelas V SD Gugus Tutwuri Kecamatan Boliyohuto. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan di kelas V semester genap tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah Post Test Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gugus Tutwuri yang termasuk pada sekolah imbas. Sampel penelitian diambil secara Simple Random Sampling, terpilih dua kelas yakni kelas V SDN 4 Boliyohuto yang dibelajarkan menggunakan alat peraga dan kelas V SDN 2 Boliyohuto yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika dari siswa yang dibelajarkan menggunakan alat peraga pecahan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Temuan ini menunjukan bahwa alat peraga pecahan lebih unggul dalam membelajarkan materi pecahan di kelas V SD.
Kata Kunci: Alat peraga pecahan, Hasil Belajar Matematika
Download berkas