Penulis / NIM
SRI YOLANDA TINO / 411415007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Abstrak
ABSTRAK
Sri Yolanda Tino, 411415007. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2019.
Pembimbing I: Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd.
Tujuan utama penelitian ini adalah Ã���Ã..."untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 GorontaloÃ���Ã�ÂÂ
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, kuesioner(angket), dan dokumentasi. Setelah data-data tersebut terkumpul dilakukan validasi konstruk/isi dan validasi empirik, hasil validasi konstruk/isi yang dilakukan oleh para ahli dapat dilanjutkan ketahap validasi empirik (ujicoba terbatas), setelah melakukan validasi empirik sudah bisa dilanjutkan dengan penelitian. Langkah selanjutnya dianalisis datanya dengan cara menghitung berapa besarnya persentase hasil angket dan faktor eksternal manakah yang dominan yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo ditinjau dari keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 32.82% sumbangsi yang diberikan oleh keluarga, 36.91% berasal dari sekolah, dan 30.27% dari masyarakat.Hal ini menunjukkan faktor yang dominan yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo adalah faktor yang ditinjau dari sekolah.
Kata Kunci : hasil, belajar, faktor eksternal
Download berkas