SKRIPSI

Penulis / NIM
NURHALISA A. TINA / 411415016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
Nurhalisa A. Tina, 411415016. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berorientasi pada Model Problem Based Learning Materi Layang-layang, Belah Ketupat, Jajar genjang dan Trapesium kelas VII SMP. SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2019. Pembimbing I Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd dan Pembimbing II Nancy Katili, S.Pd, M.Pd. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk ..."menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran matematika berorientasi model problem based learning materi layang-layang, belah ketupat, jajargenjang dan trapesium dikelas VII SMP Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menggunakan desain model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu (1) define, (2) disign,(3) develop dan (4) desseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan datanya berupa nontes menggunakan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran berbasis masalah dan lembar pengamatan aktivitas guru-peserta didik dan dianalisis. Teknik analisisnya menggunakan presentage of agreements guna untuk melihat RPP yang digunakan dapat dipercaya. Pengembangan RPP ini dilakukan validasi ahli dan dan validasi empirik (ujicoba terbatas), hasil validasi ahli diperoleh RPP sudah bisa dilanjutkan untuk penelitian dengan sedikit revisi. Pada validasi empirik (ujicoba terbatas) pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran matematika dilaksakan pada peserta didik SMP Negeri 2 Gorontalo kelas VII tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang. Hasil ujicoba ini dilihat dari hasil analisis lembar pengelolaan pembelajaran berbasis masalah dan lembar pengematan aktivitas guru-peserta didik, menunjukkan bahwa presentasi reliabilitas dikategorikan sangat tinggi. Ini menunjukkan RPP yang digunakan mengunakan pembelajaran berbasis masalah dapat dipercaya dan dapat digunakan untuk pengambilan data. Berdasarkan hasil hasil ujicoba, secara statistik menunjukkan bahwa dengan hasil pengukuran menggunakan lembar pengamatan tersebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berorientasi pada Model Problem Based Learning memenuhi/dapat diparcaya, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan intervalnya yang tidak jauh perbedaannya. Dengan demikian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci : Pengembangan, RPP, Model pembelajaran problem based learning.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011