Penulis / NIM
DINA MOKODOMPIT / 411415017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstrak
ABSTRAK
Dina Mokodompit, 411415017. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi pada Model Problem Based Learning untuk Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP. SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2020.
Pembimbing I Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Perry Zakaria, M.Pd
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk "Menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik matematika berorientasi model problem based learning Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dikelas VIII SMP
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik menggunakan desain model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu (1) define, (2) disign,(3) develop dan (4) desseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan datanya berupa nontes menggunakan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran berbasis masalah, angket respon peserta didik, dan lembar pengamatan aktivitas guru-peserta didik dan dianalisis. Teknik analisisnya menggunakan presentage of agreements guna untuk melihat RPP dan LKPD yang digunakan dapat dipercaya. Pengembangan RPP dan LKPD ini dilakukan validasi ahli dan dan validasi empirik (ujicoba terbatas), hasil validasi ahli diperoleh RPP dan LKPD sudah bisa dilanjutkan untuk penelitian dengan sedikit revisi. Pada validasi empirik (ujicoba terbatas) pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik matematika dilaksakan pada peserta didik SMP Negeri 6 Gorontalo kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Hasil ujicoba ini dilihat dari hasil analisis lembar pengelolaan pembelajaran berbasis masalah, angket respon peserta didik dan lembar pengematan aktivitas guru-peserta didik, menunjukkan bahwa presentasi reliabilitas dikategorikan sangat tinggi. Ini menunjukkan RPP dan LKPD yang digunakan mengunakan pembelajaran berbasis masalah dapat dipercaya dan dapat digunakan untuk pengambilan data.
Berdasarkan hasil hasil ujicoba, secara statistik menunjukkan bahwa dengan hasil pengukuran menggunakan lembar pengamatan tersebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi pada Model Problem Based Learning memenuhi/dapat diparcaya, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan intervalnya yang tidak jauh perbedaannya. Dengan demikian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci : Pengembangan, RPP,LKPD, Model pembelajaran problem based learning.
Download berkas