Penulis / NIM
LISNA / 411415019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstrak
Lisna, 411415019. Pengembangan Instrumen Tes Pemecahan Masalah Matematik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas,M.Pd. (2) Drs. Perry Zakaria,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes pemecahan masalah matematik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Gorontalo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Rancangan penelitian menggunakan model dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Tapi yang digunakan dalam penelitian hanya Define, Design dan Development. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik non tes melalui lembar penilaian yang digunakan untuk mendapatkan masukkan para ahli mengenail instrument yang dibuat. Teknik tes yang digunakan untuk mendapatkan butir- butir soal yang sahih dan instrument yang reliabel yang dilakukan melalui uji coba terbatas. Tes yang disusun berbentuk uraian.
Soal yang disusun berjumalah 30 butir soal, selanjutnya dilakukan validasi ahli untuk mendapatkan masukkan untuk memperbaiki instrumen tes. Setelah dikonsulatsikan dengan pembimbing hanya 18 butir soal yang digunakan dalam uji coba terbatas karena waktu tidak memungkinkan untuk 30 butir soal. Uji coba dilakukan terhadap 100 responden. Setelah Ujicoba dilakukan perhitungan empirik menggunakan rumus korelasi Product Momen diperoleh 16 butir soal yang sahih. Hasil perhitungan reliabilitas instrument melalui rumus Alpha Cronbach terhadap butir-butir soal yang sahih diperoleh nilai koefisien sebesar 0,743. Nilai koefisien reliabilitas ini menunjukkan bahwa instrumen pemecahan masalah matematik yang disusun memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa instrumen tes pemecahan masalah matematik pada materi sistem persamaan linear dua variabel dapat digunakan dalam mengambil data penelitian ataupun juga dalam mengukur kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik di kelas. Artinya butir-butir soal dalam instrument tes pemecahan masalah matematik dapat diadopsi guru dalam mengukur kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik.
Kata kunci : Pengembangan Instrumen, Tes Uraian, Pemecahan Masalah
Matematik
Download berkas