SKRIPSI

Penulis / NIM
SURYANI / 411415025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 0004115702
Abstrak
ABSTRAK Suryani. 2019. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Layang "Layang, Belah Ketupat, Jajargenjang, dan Trapesium Kelas VII SMP. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof.Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd. (2) Dr. Arfan Arsyad, Mpd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi layang"layang, belah ketupat, jajargenjang, dan trapesium untuk kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research Development). Rancangan penelitian menggunakan model 4-D yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik non tes melalui lembar penilaian yang digunakan untuk mendapatkan masukan para ahli mengenai instrumen yang dibuat.Teknik tes digunakan untuk mendapatkan butir-butir soal yang sahih dan instrumen yang reliabel yang dilakukan melalui uji coba terbatas. Tes yang disusun berbentuk uraian. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan deskriptif. Berdasarkan hasil validasi ahli dari 36 butir soal yang disusun ada 15 butir soal yang sama-sama mengukur indikatior yang sama sehingga butir-butir ini dikeluarkan dari instrumen setelah dikonsultasikan dengan pembimbing. Jadi, ada 21 butir soal yang digunakan saat uji coba terbatas. Hasil uji coba yang dilakukan terhadap 31 responden diperoleh 14 butir soal yang sahih. Hasil pengujian reliabilitas instrumen melalui rumus Alpha Cronbach terhadap butir"butir soal yang sahih diperoleh nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,91. Nilai koefisien reliabilitas ini menunjukkan bahwa instrumen kemampuan pemecahan masalah matematik yang disusun memiliki tingkat kepercayaan yang sangat tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi layang-layang, belah ketupat, jajargenjang, dan trapesium dapat digunakan dalam mengambil data penelitian ataupun juga dalam mengukur kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik di kelas. Artinya butir-butir soal dalam instrumen tes pemecahan masalah matematik dapat diadopsi guru dalam mengukur kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik. Kata Kunci: Instrumen, Tes Uraian, Pemecahan Masalah Matematik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011