Penulis / NIM
AMRI WIJAYA MAMONTO / 411415026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika wajib. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode survei. Objek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA MAN 1 Kotamobagu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Kotamobagu yang tersebar pada 6 kelas untuk tahun ajaran 2019/2020, dengan jumlah sebanyak 202 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 25% dari total populasi yakni sebanyak 50 siswa, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen tes untuk hasil belajar matematika dan instrumen angket untuk kemandirian belajar. Kemudian data yang digunakan yakni data kemandirian belajar siswa serta data hasil belajar matematika siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika wajib di kelas XI MIA MAN 1 Kotamobagu. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0.8218 dan koefisien determinasi sebesar 0.6753, yang artinya tingkat pengaruh variabel kemandirian belajar terhadap variabel hasil belajar matematika adalah sebesar 67,53 %.
Download berkas