Penulis / NIM
SURIALIN / 411415030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
Abstrak : Penelitian ini dilaksanakan di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo tahun ajaran 2020/2021 dengan tujuan untuk menganalisi dan mendeskripsikan kesulitan siswa serta faktor apa saja penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi vektor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan bentuk studi kasus dimana peneliti meneliti secara intensif tentang kesulitan menyelesikan soal matematika pada materi vektor. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi vektor, siswa masi mengalami kesulitan pada ; (a) Objek fakta sebesar 13,55%, (b) objek Konsep sebesar 38% (c) objek prinsip sebesar 24,19%, dan (d) objek Operasi sebesar 10,905. Kesulitan ini dialami oleh siswa dari semua tingkat kemampuan baik dari siswa dengan kemampuan matematika yang tinggi, sedang dan rendah. Faktor penyebab dari kesulitan diatas adalah; (a) tidak mampu menggali informasi yang ada dalam soal, (b) tidak mampu merubah suatu model matematika kedalam model lain, (c) salah dalam menggunakan rumus, (d) cenderung mempersingkat jawaban sehingga salah dalam menuliskan jawaban akhir.
Kata Kunci: Analisis kesulitan menyelesaikan soal: Vektor
Download berkas