Penulis / NIM
TATA NURILASTA PUTRI SUNA / 411415037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
Dalam matematika, siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan yang menuntut keaktifan serta kekreatifan dalam menyelesaikan atau menemukan suatu jalan alternatif untuk memecahkan suatu masalah.
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media Powerpoint pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 5 Paguyaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Paguyaman tahun ajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 59 siswa yang tersebar dalam 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk essay.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan powerpoint pada materi segiempat.
Kata Kunci : Kemampuan, Pemecahan Masalah, Multimedia, Pembelajaran
Download berkas