Penulis / NIM
RISKA MOITO / 411415042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
ABSTRAK
Riska Moito, NIM. 411415042. Deskripsi Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di SMP Negeri 1 Asparaga. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2019.
Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd, (2) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan pada setiap tingkatan kelas dan perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan secara keseluruhan di SMP Negeri 1 Asparaga. Penelitian ini adalah penelitian ex post fakto melalui pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 67 orang yang masing-masing diambil dari kelas VIIA, kelas VIIIA dan kelas IXA di SMP Negeri 1 Asparaga dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematika siswa yaitu untuk kelas VII: Materi Segiempat, kelas VIII: Materi Teorema Phytagoras dan kelas IX: materi kesebangunan dan kekongruenan dalam bentuk tes essay. Untuk melihat perbedaan komunikasi matematika siswa digunakan 3 indikator yaitu : (a) kemampuan menyatakan gambar ke dalam ide matematika (b) kemampuan menyelesaikan permasalahan ke dalam ide matematika, (c) kemampuan membuat kesimpulan berdasarkan permasalahan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan pada setiap tingkatan kelas di SMP Negeri 1 Asparaga, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan secara keseluruhan di SMP Negeri 1 Asparaga. Dimana kemampuan komunikasi matematika siswa perempuan lebih unggul dibandingkan kemampuan komunikasi siswa laki-laki.
Kata kunci : Gender, Kemampuan Komunikasi Matematika.
Download berkas