Penulis / NIM
NI KETUT SUSENI / 411415045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Kemampuan penalaran matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam proses pembelajaran matematika, agar siswa cerdas dalam melihat hubungan sebab akibat dan pandai dalam memecahkan masalah. Kemampuan penalaran dapat secara langsung meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematika matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan pada masing-masing tingkatan kelas di SMP Negeri 1 Kabila. Penelitian ini adalah penelitian EX Post Facto melalui pendekatan Kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 67 orang yang diambil dari masing-masing tingaktan kelas yaitu kelas VIID, VIIID dan IXB dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Tehnik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan kemempuan penalaran adalah analisis Uji Chi Kuadrat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signitifikan antara kemampuan penalaran matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan pada masing-masing tingkatan kelas di SMP Negeri 1 Kabila. Dimana kemampuan penalaran matematika siswa perempuan lebih unggul dibandingkan kemampuan penalaran matematika siswa laki-laki.
Download berkas