Penulis / NIM
HARMIYA S. HANIU / 411415047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK
Harmiya S. Haniu, NIM. 411415047. Pengembangan Media Pembelajaran Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat Berbantuan Geogebra Di Kelas IX SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Program Studi Pendidikan, Matematika Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo, 2020.
Pembimbing: (1). Drs. Sumarno Ismail,M.Pd (2) DRs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggambar grafik fungsi kuadrat berbantuan geogebra berbasis penemuan terbimbing matematika siswa pada materi grafik fungsi kuadrat. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan yang luaran penelitian ini yakni sebuah Media Pembelajaran Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat salah satu materi matematika SMP kelas IX. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-7 SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran menggambar grafik fungsi kuadrat berbantuan geogebra berbasis penemuan terbimbing ini dinyatakan sesuai oleh validator materi matematika dan media pembelajaran matematika. Respon siswa terhadap media pembelajaran menggambar grafik fungsi kuadrat berbantuan geogebra berbasis penemuan terbimbing ini adalah positif dengan rata-rata 96% untuk Uji Coba. Hasil ini menunjukkan media pembelajaran menggambar grafik fungsi kuadrat berbantuan geogebra berbasis penemuan terbimbing ini dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kelas IX khusunya materi grafik fungsi kuadrat.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Model ADDIE, Materi Grafik fungsi kuadrat, Berbasis Penemuan Terbimbing
Download berkas