SKRIPSI

Penulis / NIM
DERLIS W. HUSAIN / 411415057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK DERLIS W HUSAIN, NIM. 411415057. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMP Kelas VIII-3. SKRIPSI. Jurusan matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2019. Pembimbing : (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd (2) Khardiyawan A.Y Pauweni, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMP Kelas VIII-3 dan aktivitas siswa setelah dibelajarkan dengan model Problem Based Learning serta kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Prosedur penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yaitu perencaaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian dilakukan di kelas VIII-3 SMP Negeri 6 Gorontalo Pada Materi SPLDV dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika dan aktivitas siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 6 Gorontalo mengalami peningkatan karena penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning. Peningkatan tersebut berupa:(1) hasil pengamatan kegiatan guru mengelola pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning pada siklus I beroleh kategori baik (69,23%), meningkat menjadi (92,29%) pada siklus II; (2) hasil pengamatan aktivitas siswa menggunakan model Problem Based Learning pada siklus I beroleh kategori aktif(66,66%), meningkat menjadi (91,66%) pada siklus II; dan (3) hasil belajar matematika pada siklus I mencapai 33,3% yang tuntas, meningkat menjadi 87,9% yang tuntas pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dari siswa pada Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Problem Based Learning, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011