Penulis / NIM
FAISAL IBRAHIM / 411415063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK
Faisal Ibrahim, NIM 441415063. Deskripsi Pemahaman Konsep Melalui Pembelajaran Daring Pada Materi Kubus Dan Balok SMP Negeri 1 Suwawa. Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo,2021.
Pembimbing : (I) Drs.Sumarno Ismail,M.Pd, (2) Drs.Yamin Ismail, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematiks siswa melalui pembelajaran daring siswa Smp Negeri 1 Suwawa tentang konsep kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan C Smp Negeri 1 Suwawa sebanyank 35 orang. Instrument berupa soal essay. Data penelitian diperoleh dari hasil tes soal assay. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan adanya pembelajaran daring siswa mengalami hambatan dalam pembelajaran yang khusunya pada materi kubus dan balok, sehingga mempengaruhi menurunnya minat siswa dalam pembelajaran yang menunjukan kemampuan setiap siswa berbeda-beda dengan hasil presentase secara keseluruhan termasuk pada katgeori rendah sebanyak 28,69%. Hal ini dapat dilihat juga dari data hasil penelitian secara umum kelas VIII A dan C SMP Negeri 1 suwawa sebanyak 35 orang yakni pemahaman konsep matematika sebanyak 28% kategori rendah, 63% kategori sedang dan 9% kategori tinggi.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Pembelajaran Daring, Kubus Dan Balok
Download berkas