Penulis / NIM
WIWINDRIYANTI ABAS / 411415070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK
Wiwindriyanti Abas, NIM. 411415070. "Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Lingkaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VI SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo". SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2019.
Dibimbing Oleh : (I) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (II) Dra. Kartin Usman, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran lingkaran dengan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 53 orang dan tersebar dalam 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian adalah semua anggota populasi. Kemudian, dipilih secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VI A terpilih sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran lingkaran sedangkan kelas VI B sebagai kelas yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran lingkaran lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media powerpoint.
Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran Lingkaran, Hasil Belajar Matematika, Lingkaran.
Download berkas