Penulis / NIM
RAHMAD A. BUKUKU / 411415078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
Rahmad A Bukuku â�Å"Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berorientasi Project-Based Learning pada Materi Geometri Transformasi Kelas IX MTs Darul Mubinâ�Â. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Pembimbing (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd , (2) Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul matematika berorientasi Project Based Learning (PjBL) pada materi transformasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan mengikuti model pengembangan four-D Model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket respon siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat dijadikan contoh dan diadopsi guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi keprofesionalan guru karena memenuhi beberapa aspek yaitu : 1) hasil validasi setiap ahli menyimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi, 2) hasil analisis angket peserta didik terhadap keterbacaan bahan ajar dikategorikan positif dengan presentase 84%, dan 3) hasil analisis angket peserta didik terhadap bahan ajar dikategori positif dengan presentase 98.97 %
Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar berupa modul matematika berorientasi PjBL yang dikembangkan sudah layak untuk diterapkan pada siswa kelas IX SMP/MTs.
Kata Kunci: Project Based Learning, Geometri Transformasi
Download berkas