SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMAD SUPRIANTO MOPANGGA / 411415080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK Muhamad Suprianto Mopangga. 411415080. â�Å"Pengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 1 Suwawa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar�. SKRIPSI. Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud M.Pd (2) Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu â�Å"Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar�. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VIII semester genap tahun ajaran 2018/1019. Rancangan penelitian adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 114 orang dan tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan penalaran matematis siswa berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembalajaran Osborn lebih tinggi dari model pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Osborn sebesar 18,4 dan hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung sebesar 15,095. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui tes dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 39 menunjukkan (t_hitung=5,61>t_tabel=1,718), karena (t_hiung>t_tabel), sehingga H_0 ditolak dan dengan kata lain H_1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 1 Suwawa. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Model pembelajaran Osborn, Bangun Ruang Sisi Datar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011