Penulis / NIM
INDRI MEGA PRATIWI D MOKOAGOW / 411415081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
ABSTRAK
Indri Mega Pratiwi D. Mokoagow. 411415081. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Taksonomi SOLO Di Kelas VIII SMP Negeri 12 Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2020.
Pembimbing: (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. Pembimbing (2) Drs. Franky A. Oroh, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalahmatematika siswa berdasarkan tasonomi SOLO di kelas VIII SMP Negeri 12 Gorontalo, Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif denganpopulasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Gorontalo sebanyak 3 kelas. Sampel penelitian sebanyak 26 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari teskemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO dalam bentuk tes essay pada materi Aritmatika Sosial. Berdasarkan teori, untukmengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO digunakan 4 indikator yaitu :(1) unistructural, (2) multistructural, (3) relational, dan (4) extended abstrack. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemecahan masalah matematika pada materi Aritmatika Sosialberdasarkan Taksonomi SOLO tergolong kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan unistruktural dari 26 siswa yakni sebanyak 14 siswa (53,85%) berada pada kategori rendah, kemampuan multistruktural dari 26 orang siswa terdapat 20 siswa (76,92%) yang berada pada kategori rendah, kemampuan relasional dari 26 orang terdapat 26 siswa (100%) berada pada kategori rendah dan kemampuan extended absract terdapat 25 siswa (96,15%) berada pada kategori rendah.
Kata kunci: Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial, Taksonomi Solo
Download berkas