Penulis / NIM
SITI ZOHRA ALIMUN / 411415086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
Siti Zohra Alimun. 411415086. 2020 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi REACT Pada Materi Matriks Di Kelas XI IPA2 SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Dra. Lailany Yahya, M.Si. (2) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi REACT pada materi Matriks. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Kota Gorontalo tahun ajaran 2018-2019 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar.
Hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I untuk kategori minimal baik atau sangat baik dengan persentase capaian 71% meningkat menjadi 93%. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I untuk kategori minimal baik atau sangat baik dengan persentase capaian sebesar 71% meningkat menjadi 93%. Sementara untuk hasil belajar siswa juga meningkat dari 67% dari jumlah keseluruhan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada siklus I menjadi 90% dari jumlah keseluruhan siswa yang mencapai KKM pada siklus II. temuan ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran REACT mampu meningkatkan hasil belajar matematika dari siswa pada materi matriks.
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, REACT, Matriks.
Download berkas