Penulis / NIM
						RAMSIL LAKNASA / 411415090
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
						Pembimbing 1 / NIDN
						Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
						Pembimbing 2 / NIDN
						Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
						Abstrak
						ABSTRAK
Ramsil Laknasa. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 1 Suwawa pada Pembelajaran Materi LingkaranÃ��ÂÂ. SKRIPSI. Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Drs. Abas Kaluku M.Si (2) Drs.Perry Zakaria, M.Pd 
Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Geneartif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran materi lingkaran. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan di kelas VIII semester genap tahun ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 114 orang dan tersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbentuk uraian. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan yakni kemampuan pemecahan masalah matematis yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran generatif lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan  masalah matematis yang dibelajarkan dengan menggunakan model langsung. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Generatif sebesar  dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung sebesar . Hal ini juga dapat dibuktikan melalui tes dengan taraf nyata  dan dk = 49 menunjukkan , karena , sehingga  ditolak dan dengan kata lain  diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Generatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Suwawa pada pembelajaran materi lingkaran.. 
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan masalah Matematis, Model pembelajaran  Generatif, Lingkaran.
						Download berkas