SKRIPSI

Penulis / NIM
IRAWATI IBRAHIM / 411415094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK Irawati Ibrahim, 411 415 094. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematika pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 12 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2019. Pembimbing : (1) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd (2) Nurwan, S.Pd, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendektan pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Segiempat. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas VII SMP negeri 12 Gorontalo pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran active knowledge sharing dan kelas VII-3 sebagai kelas control yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik yang diambel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk essay. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang di belajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran active knowledge sharing lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika yang di belajarkan menggunakan pendekatan saintifik pada materi segiempat. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Dari data hasil analisis diperoleh thitung = 2,186 > ttabel = 1,671 sehingga Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran active knowledge sharing. Kata kunci : Pendekatan Pembelajaran Active knowledge Sharing, Kemampuan Pemecahan masalah Matematika siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011