Penulis / NIM
SASKIA RAHAYU YUSUF / 411415095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
Hasil belajar matematika merupakan tolak ukur yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan siswa dalam mengetahui dan memahami pembelajaran matematika itu sendiri. Untuk hasil belajar siswa sendiri terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya baik faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu kemampuan numerik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo tahun ajaran 2019-2020. Populasi dalaam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo tahun ajaran 2019-2020 yang terdiri dari 11 kelas. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar matematika dan kemampuan numerik diperoleh dengan menggunakan tes.
Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi korelasi sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat hubungan yang positif antara kemampuan numerik dengan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 6 Gorontalo. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,61054 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,37276, atau memiliki makna kontribusi kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 37,276%.
Download berkas