Penulis / NIM
KAMALUDIN ABDUL / 411415098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Kamaludin Abdul, NIM. 411415098. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Multimedia Pembelajaran pada Materi Lingkaran Kelas VI Di SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2019.
Kamaludin Abdul, NIM. 411415098."Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Multimedia Pembelajaran pada Materi Lingkaran Kelas VI Di SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2019.
Dibimbing Oleh : (I) Novianita Achmad, S.Si., M.Si (II) Nursiya Bito, S.Pd., M.Pd
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa menggunakan multimedia pembelajaran. Penelitian dilakukan di kelas VI-A di SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis.
Hasil pengamatan kegiatan guru dan Aktivitas siswa dengan menggunakan
multimedia pembelajaran sudah mencapai kriteria yang di gunakan yaitu presentase capaian pada kegiatan guru mencapai 100 % dan pada aktivitas siswa presentase capaian mencapai 100 %. Rata-rata hasil belajar matematika meningkat pada siklus I memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 14 siswa atau sekitar 70 % dan tidak tuntas sekitar 6 0rang atau sekitar 30 %, dan pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa atau sekitar 90 % siswa yang tuntas. Rata- rata hasil belajar matematika pada materi sistem Lingkaran memenuhi indikator keberhasilan.
Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Hasil Belajar Matematika, Lingkaran.
Download berkas