Penulis / NIM
KARTIKA MULYANI MOHAMAD / 411415101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
ABSTRAK
Kartika Mulyani Mohamad. 411415101. 2022. Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Di Kelas IX SMP Negeri 1 Batudaa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1)Novianita Achmad, S.Si, M.Si. (2)Nancy Katili, S.Pd, M.Pd.
Kemampuan penalaran matematis adalah aktifitas memahami, berpikir logis untuk mengumpulkan fakta menarik kesimpulan, mengola dan menganalisis soal-soal yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi persamaan garis lurus. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyajikan pernyataan matematika secara tertulis atau gambar, mampu melakukan manipulasi matematika, mampu menyusun bukti terhadap pernyataan matematika, dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes tertulis dan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai kemampuan penalaran matematis siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-2 SMP Negeri 1 Batudaa tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 orang siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis presentase. Berdasarkan analisis data diperoleh untuk indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dengan presentase 30,08%. Untuk indikator mampu melakukan manipulasi matematika dengan presentase 24,35%. Untuk indikator mampu menyusun bukti terhadap pernyataan matematika dengan presentase 25,24%. Dan untuk indikator menarik kesimpulan dari pernyataan dengan presentase 20,33%. Berdasarkan kategori tinggi sedang dan rendah diperoleh bahwa secara keseluruhan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 1 Batudaa dominan berada pada kategori sedang dengan presentase sebanyak 64%.
Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis Siswa, Persamaan Garis Lurus.
Download berkas