SKRIPSI

Penulis / NIM
TAUFIK LAYUHIBU / 411415102
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK Taufik Layuhibu, NIM.411415102. ..."Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII-B Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Batudaa Kabupaten Gorontalo SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Dibimbing Oleh: (I) Novianita Achmad, S.Si, M.Si (II) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah Batudaa pada Tahun Ajaran 2019/2020 semester ganjil dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru , lembar observasi kegiatan siswa dan tes tertulis. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu hasil observasi kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai kriteria baik, hasil observasi kegiatan siswa selama proses kegiatan pembelajaran mencapai kriteria aktif, dan penilaian hasil belajar matematika menunjukkan bahwa minimal 85% dari seluruh siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM = 70) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pola bilangan. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) adanya peningkatan hasil observasi kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 84,375 %, dan siklus II sebesar 100%; (2) adanya peningkatan hasil observasi kegiatan siswaselama proses pembelajaran pada siklus I sebesar 77 %, dan siklus II sebesar 100%; (3) adanya peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 22 siswa atau sekitar 68,75 % dan tidak tuntas sebanyak 10 siswa atau sekitar 31,25 % dan pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa atau 93,75% siswa yang tuntas. Rata-rata hasil belajara matematika siswa pada materi pola bilangan memenuhi indikator keberhasilan tindakan. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika Siswa, Model Pembelajaran Discovery Learning.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011