SKRIPSI

Penulis / NIM
IVANA MAGPAL / 411415110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK Ivana Magpal, 411415110. Deskripsi Kesulitan belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring di Kelas X MAN 1 Kota Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2022. Pembimbing I: Drs. Perry Zakaria, M.Pd dan Pembimbing II: Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd Tujuan utama penelitian ini adalah â�Å"untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran daring di kelas X MAN 1 Kota Gorontalo� Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2-4 dan 6 MAN 1 Kota Gorontalo semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 80 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu kuisioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Setelah data-data tersebut terkumpul dilakukan validasi konstruk/isi dan validasi empirik, hasil validasi konstruk/isi yang dilakukan oleh para ahli dapat dilanjutkan ketahap validasi empirik (ujicoba terbatas), setelah melakukan validasi empirik sudah bisa dilanjutkan dengan penelitian. Langkah selanjutnya dianalisis datanya dengan cara menghitung berapa besarnya persentase hasil angket kesulitan belajar matematika secara daring. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang paling sering dialami siswa adalah melakukan pembelajaran, membagiya melalui interaksi, tugas dan bahan ajar dalam pembelajaran daring yang mengakibatkan siswa kurang maksimal dalam proses pembelajaran daring. Rata-rata indikator kesulitan yang dicapai sebanyak 64,70% untuk indikator pihak terkait dengan isu permasalahan pembelajaran yang membantu pemerintah, sekolah dan wali murid dalam pembelajaran yaitu sebesar 16,52% dan indikator melakukan pembelajaran, membaginya melalui interaksi, tugas dan bahan ajar dalam pembelajaran daring sebesar 51,04% sedangkan untuk indikator kendala teknis yang mempengaruhi signal dan ketidak mampuan dalam pembelajaran daring mencapai sebesar 32,44%. Kata Kunci : Kesulitan, belajar, daring.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011