Penulis / NIM
RINA ANDRIANI / 411415113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK
Rina Andriani. 2019. Pengembangan media Pembelajaran Ular Tangga Materi Belah Ketupat dan Layang ����¯�¿�½" layang untuk SMP Kelas VII. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd (2) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si.,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika materi belah ketupat dan layang - layang untuk kelas VII SMP Semester Genap. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika. Media pembelajaran matematika adalah sarana dalam menyajikan, mempelajari, memahami, dan mempermudah dalam mempelajari matematika.Penelitian pengembangan ini mengikuti model pengembangan four-D Model Thiagarajan, Semmel dan Semmel terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop, pengembangan media pembelajaran ini dilakukan validasi, uji keterbacaan dan uji coba terbatas. Hasil validasi ahli, uji keterbacaan dan uji coba terbatas menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapat respon positif. Ini menunjukan bahwa media pembelajran ular tangga Matematika yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai solusi serta alternatif media pembelajaran matematika untuk kelas VII SMP/MTs.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Model Four-D, Belah ketupat dan Layang ����¯�¿�½" layang , Ular tangga
Download berkas