Penulis / NIM
SUKMAWATI GUBALI / 411416003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK
Sukmawati Gubali, 2020. Nim. 411416003."Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Yang Dilaksanakan Dengan Metode Pembelajaran Home visit". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontaalo.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd, (2) Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aritmatika sosial yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran home visit di SMP Negeri 1 Mananggu. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-1 SMP Negeri 1 Mananggu. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial yang kemudian dikaitkan dengan indikator home visit. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah siswa antara lain (1) Kemampuan memahami masalah; (2) Kemampuan merencanakan penyelesaian masalah; (3) Kemampuan melaksanakan penyelesaian; (4) Kemampuan mengecek kembali dan menginterpretasikan hasil. Sedangkan, indikator home visit antara lain (1) Persiapan; (2) Pelaksanaan; (3) Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes tertulis dan wawancara yang digunakan untuk memperoleh informasi secara mendalam mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa serta pemberian angket respon peserta didik untuk melihat keberhasilan pembelajaran home visit. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif berupa analisis persentase yang kemudian dikonversi berdasarkan kategori tinggi, sedang, rendah. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa jika dikaitkan dengan indikator home visit tergolong sedang. Hal ini disebabkan karena keterkaitan antara satu indikator dengan indikator lainnya mempengaruhi skor kemampuan pemecahan masalah. Secara umum siswa hanya mampu memenuhi sebagian indikator kemampuan pemecahan masalah atau belum memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah yang di ukur dalam penelitian ini. Sehingga apabila siswa mengalami kesulitan dalam memenuhi indikator 1 dan 2 maka secara tidak langsung indikator 3 dan 4 juga tidak akan terpenuhi
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Metode Pembelajaran Home visit
Download berkas