Penulis / NIM
						ESTI NOVRIANI ALI / 411416005
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
						Pembimbing 1 / NIDN
						Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
						Pembimbing 2 / NIDN
						Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
						Abstrak
						ABSTRAK
Esti Novriani Ali. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 
Multimedia Interaktif Kerucut di Kelas IX MTs. Al-Khairat Kwandang Kabupaten 
Gorontalo Utara. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, 
Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 
Universitas Negeri Gorontalo. 
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sarson W.Dj. Pomalato, M.Pd., (2) Drs. Sumarno 
Ismail, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengernbangkan media pembelajaran berbasis 
multimedia interaktif kerucut di kelas IX. Penelitian ini menggunakan model 
pengembangan four-D Model yang telah dimodifikasi menjadi 3D. Artinya proses 
pengembangan ini di batasi sampai ke tahap 3 yaitu pengembangan (Develop). 
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs. Al-Khairat Kwandang 
Kabupaten Gorontalo Utara. Hasil penelitian berdasarkan validasih ahli materi dan 
ahli media menunjukkan bahwa kualitas multimedia adalah baik. Sedangkan, 
berdasarkan kemampuan guru mengelola pembelajaran juga dikategorikan baik, 
aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran mencapai kriteria waktu ideal, 
respon seluruh peserta didik tergolong positif dan tes hasil belajar peserta didik 
menunjukkan bahwa 80% peserta didik mencapai ketuntasan. Hal ini menunjukkan 
bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini sudah baik dan valid 
untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi kerucut dikelas IX.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia 
Interaktif, Model 4-D, Materi Kerucut Kelas IX
ABSTRACT
 
Ali, Esti Novriani. 2020. Development of Cone Interactive Multimedia-based Learning Media in IX Class Students of MTs Al-Khairat Islamic Junior High School in Kwandang, North Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Gorontalo. Department of Mathematics. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Universitas Negeri Gorontalo.
Principal Supervisor: Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd., Co-supervisor: Drs. Sumarno Ismail, M.Pd.
 
The present study intended to develop learning media based on cone interactive multimedia in IX class students. It employed Four-D development model that was modified to Three-D; the development phase ended at phase three (Develop). The research subject involved IX class students of MTs Al-Khairat Islamic Junior High School in Kwandang, North Gorontalo regency. The validation results of material and media experts revealed that the multimedia had good quality. Moreover, the teacher���s ability to manage the learning was categorized at good, the students��� activity during the learning process achieved the ideal duration criteria, the students��� response was positive, and the students��� learning results exam showed that 80 percent of them achieved the minimum learning mastery criteria. All in all, it was concluded that the interactive multimedia-based learning media was deemed as good and valid to use in the cone topic to the IX class students.
 
Keywords: Development of Interactive Multimedia-based Learning Media, 4-D Model, Cone Topic in IX Class
						Download berkas