Penulis / NIM
ADELIA R. ALIMULLAH / 411416007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar matematika siswa menggunakan media google meet berbantu powerpoint di SDN No. 56 Kota Timur. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI A SDN No. 56 Kota Timur. Pengumpulan data diperoleh dari hasil angket dan wawancara. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemandirian belajar matematika siswa antara lain (1) Mampu bertanggung jawab; (2) Memiliki kedisiplinan; (3) Mampu bekerja sendiri; (4) Memiliki inisiatif; (5) Memiliki kepercayaan diri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket dan wawancara yang digunakan untuk memperoleh informasi secara mendalam menganai kemandirian belajar matematika siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang kemudian dikonversi berdasarkan kategori tinggi, sedang, rendah. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa rata ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½" rata kemandirian belajar matematika siswa tergolong sedang. Hal ini disebabkan karena tidak adanya inisiatif dari diri sendiri dan juga ketidakmampuan dalam menilai diri sendiri. Secara umum siswa hanya mampu memenuhi sebagian indikator kemandirian belajar matematika yang di ukur dalam penelitian ini. Sehingga apabila siswa mengalami kesulitan dalam memenuhi indikator 1 dan 2 maka secara tidak langsung indikator 3 4 dan 5 juga tidak akan terpenuhi.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar Matematika, Google meet
This study is a descriptive study that aims to describe students' independence in learning mathematics using google meet media assisted by PowerPoint at SDN 56 Kota Timur. The subjects are students in grade VI A of SDN 56 Kota Timur. The data are obtained from questionnaires and interviews. The indicators that are used to describe the independence of students in learning mathematics include (1) Being responsible; (2) Discipline; (3) Being able to work independently; (4) Initiative; (5) Having self-confidence. The data collection technique consisted of questionnaires and interviews which are used to obtain in-depth information about students' independence in learning mathematics. The data analysis technique applies the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and writing conclusions which are then converted based on high, medium, and low categories. Based on data analysis, it is found that the average students' mathematics independence learning is classified as medium. This is due to the lack of initiative from oneself and the inability to judge oneself. In general, students are only able to fulfill some of the indicators of independence in learning mathematics that is measured in this study. Therefore, if students find difficulties in fulfilling indicators 1 and 2, indirectly, indicators 3, 4, and 5 will also not be fulfilled.
Keywords: Independence in Learning Mathematics, Google meet
Download berkas