Penulis / NIM
FIRDAWATI THALIB / 411416009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK
Firdawati Thalib, 2021. Nim. 411416009, Ã���Ã..."Deskripsi Teoritik Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Sebagai Media Pembelajaran MandiriÃ���Ã�ÂÂ. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Evi P. Hulukati, M.Pd, (2) Khardiyawan A. Y. Pauweni, M.Pd
Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan deskriptif kulitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prinsip dan Karakteristik Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi berupa buku-buku, jurnal, laporan penelitian dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunkan multimedia interaktif dapat meningkatkan semangat dan motivasi dari peserta didik sehingga berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif sangat cocok digunakan dalam pembelajaran mandiri dengan adanya penerapan prinsip-prinsip multimedia interaktif antara lain: prinsip koherensi, prinsip signaling, prinsip redundansi, prinsip spatial contiguity, prinsip segmenting, prinsip pengulangan, prinsip pre-training, prinsip modality, prinsip multimedia, prinsip personalization, prinsip suara atau audio, prinsip interactive. Menghasilkan sebuah karakteristik dari multimedia interaktif yaitu: tujuan pembelajaran jelas; konsep-konsep materi yang disajikan benar; penjelasan materi sesuai dengan kemampuan berpikir siswa, sehingga alur pembelajaran jelas; terdapat petunjuk yang jelas; dapat membangkitkan motivasi belajar siswa; gambar, animasi, suara, teks, dan warna tersedia secara serasi, harmonis,dan propesional; interaktif dan navigasi mudah; dan bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh siswa. Sehingga dengan adanya prinsip dan karakteristik tersebut, dalam pembelajaran multimedia interaktif mempermudah siswa dalam berinterksi dengan media, memiliki tampilan yang menarik sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep dari suatu materi atau isi dari materi tersebut.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Pelajaran Matematika, Pembelajaran Mandiri
Download berkas