SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD FEBRIYANTO YUSUF / 411416022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
ABSTRAK Mohamad Febriyanto Yusuf. 411416022. 2020. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerucut Kelas IX MTs Negeri 2 Boalemo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd (2) Nancy Katili, S.Pd, M.Pd Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi kerucut. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi kerucut kelas IX di MTs Negeri 2 Boalemo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Mts Negeri 2 Boalemo. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik klaster random sampling sehingga diperoleh untuk Kelas IX-A terpilih sebagai kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif (kelas eksperimen) yang diikuti oleh 23 siswa dan kelas IX-C sebagai kelas yang dibelajarkan dengan media power point (kelas kontrol) yang diikuti oleh 23 siswa. Dalam penelitian ini design yang digunakan adalah pretest-postest control group design serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berbentuk essay. Analisis inferensial dalam penelitian ini menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media powerpoint pada materi kerucut. Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran interaktif, Hasil Belajar Matematika, Kerucut. ABSTRACT Yusuf, Mohamad Febriyanto. 411416022. 2020. The Influence of the Use of Interactive Learning Multimedia on Student Learning Outcomes in the Topic of Cone: A Study Conducted on IX Class at MTs 2 State Islamic Junior High School in Boalemo. Undergraduate Thesis. Gorontalo. Study Program of Mathematics Education, Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd Co-supervisor: Nancy Katili, S.Pd, M.Pd This experimental study aimed to view the better effect of using interactive learning multimedia than using PowerPoint media on student learning outcomes in the topic of cone. The hypothesis in this study stated that the impact of the use of interactive multimedia learning is higher than that of using PowerPoint media on IX class students��� learning outcomes in the cone topic at MTs 2 State Islamic Junior High School in Boalemo. Using a cluster random sampling technique, the population comprised ninth-graders in the research area. The experimental class, with interactive multimedia learning, selected IX-A class (23 students), and; control class, with PowerPoint media, involved IX-C class (23 students). In this study, the design used was a pretest-posttest control group design, while the essay was performed in the data collection technique. Further, in the inferential analysis, the ANCOVA test was employed. The results indicated that the mathematics learning outcomes of students who were taught using interactive multimedia learning were better than those who were taught with PowerPoint media on the selected topic. Keywords: Interactive Learning Multimedia, Mathematics Learning Outcomes, Cones.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011