Penulis / NIM
MOHAMMAD TINO / 411416026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Abstrak
ABSTRAK
Mohammad Tino. 411416026. 2020. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tabung Kelas IX di SMP Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sarson W. Pomalato, M.Pd. (2) Dr. Ali Kaku, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarakan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dengan hasil belajar matematika siswa menggunakan media powerpoint. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarakan dengan menggunakan powerpoint pada materi Tabung kelas IX di SMP Negeri 2 Gorontalo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gorontalo. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh untuk kelas eksperimen adalah kelas IX-10 dan untuk kelas kontrol adalah kelas IX-8 dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 32 orang. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah pretest-postest control group design serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berbentuk essay. Analisis inferensial dalam penelitian ini menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media powerpoint pada materi tabung.
Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar
Download berkas