Penulis / NIM
PRASETYO USMAN / 411416041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Prasetyo Usman, 2020. ��Ã..."Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia Materi kerucut Kelas IX MTs Al-Khairat KwandangÃ��ÂÂ. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Dra. Lailany Yahya,M.Si, (2) Nursiya Bito, S.Pd.,M.Pd
Matematika sebagai bagian dari pendidikan tentunya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dibelajarkan pada siswa di lingkungan formal. Dengan mempelajari matematika siswa dituntut dapat menggunakan pikirannya untuk berpikir logis, kritis, kreatif dan sistematis. Agar proses pembelajaran lebih menyenangkan salah satu caranya yaitu dengan menggunakan multimedia pembelajaran. Multimedia merupakan media presentasi yang menggabungkan semua unsur media seperti text, audio, video, animasi gambar, grafik menjadi satu penyajian. Fungsi multimedia pembelajaran adalah alat untuk menyampaikan informasi dari sumber ke siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggunakan multimedia pada materi kerucut kelas IX MTs Al-Khairat Kwandang , tahun ajaran 2019/2020 yang ditinjau dari 4 indikator, yaitu: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (2) aktivitas siwa selama mengikuti pembelajaran, (3) respon positif siswa terhadap pembelajaran, dan (4) tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan multimedia pada materi kerucut adalah efektif. Hal ini di tunjukkan oleh hasil pengamatan empat indikator efektivitas pembelajaran matematika, yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran hasil pengamatannya telah mencapai kategori minimal ��Ã..."sangat baikÃ��ÂÂ, aktivitas siswa telah memenuhi kriteria waktu ideal, respon positif siswa untuk setiap aspek mencapai minimal 88% sehingga termasuk dalam kategori positif, dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal telah mencapai 80%
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Multimedia Pembelajaran, Kerucut
Download berkas