Penulis / NIM
RISKA MANTANG / 411416047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Riska Mantang, NIM 411416047. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Multimedia pembelajaran interaktif Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) Pada Materi Kerucut Di Kelas IX-1 Mts. Swasta Al-Khairaat Kabupaten Gorontalo Utara. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2020.
Dibimbing oleh : (1) Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd. (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini dilakukan di kelas IX-1 Mts. Swasta Al-Khairaat Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara denga jumlah siswa 34 orang. Waktu penelitian dilaksanakan 1 bulan. Penelitian ini dilaksanakan degan satu siklus. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan tes tertulis. Hasil pengamatan kegiatan guru dan aktivitas siswa denga menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) sudah mencapai kriteria yang digunakan yaitu persentase capaian pada kegiatan guru mencapai 85% dan pada aktivitas siswa persentase capaian mencapai 6,5%, 20%, 64,5%. 8%, 1%. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat yaitu memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 29 siswa atau sekitar 85% dan tidak tuntas 15%. Rata-rata hasil belajar matematika pada materi kerucut memenuhi indikator keberhasilan.
Kata Kunci : Multimedia pembelajaran interaktif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Matematika
Download berkas