Penulis / NIM
PRATIWI S. SAI`A / 411416071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Pratiwi S Saia, NIM. 411416071. Deskriptif Pembelajaran Matematika Secara Online Di Smk Negeri 5 Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo, 2020.
Pembimbing: (1) Dr. Ismail Djakaria, M. Si (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran matematika secara online di Smk Negeri 5 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Gorontalo dengan Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas 11 dan 12 di SMK Negeri 5 Gorontalo.Pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk wawancara, kuesioner dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika secara onlinedi SMK Negeri 5 Gorontalo pembelajaran matematika secara online menggunakan aplikasi Google Meet, Zoom dan Whatshapp.Aplikasi tersebut memberikan kontribusi dengan baikdalam pembelajaran walaupun tanpa tatap muka,dimana rata-rata sebesar 45% siswa sangat merespon baik aplikasi yang digunakan saat pembelajaran matematika, dan sebesar 66,3% siswa siap untuk belajar tanpa ada kendala. Hal ini menunjukkan sebesar 50,35% siswa menyukai pembelajaran matematika secara online karena siswa merespon positif pembelajaran matematika secara online.Ini artinya pembelajaran matematika yang dibelajarkan secara online berhasil sehingga efektif jika diterapkan di sekolah SMK Negeri 5 Gorontalo.
Pratiwi S Saia, NIM. 411416071. Deskriptif Pembelajaran Matematika Secara Online Di Smk Negeri 5 Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo, 2020.
Pembimbing: (1) Dr. Ismail Djakaria, M. Si (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran matematika secara online di Smk Negeri 5 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Gorontalo dengan Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas 11 dan 12 di SMK Negeri 5 Gorontalo.Pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk wawancara, kuesioner dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika secara onlinedi SMK Negeri 5 Gorontalo pembelajaran matematika secara online menggunakan aplikasi Google Meet, Zoom dan Whatshapp.Aplikasi tersebut memberikan kontribusi dengan baikdalam pembelajaran walaupun tanpa tatap muka,dimana rata-rata sebesar 45% siswa sangat merespon baik aplikasi yang digunakan saat pembelajaran matematika, dan sebesar 66,3% siswa siap untuk belajar tanpa ada kendala. Hal ini menunjukkan sebesar 50,35% siswa menyukai pembelajaran matematika secara online karena siswa merespon positif pembelajaran matematika secara online.Ini artinya pembelajaran matematika yang dibelajarkan secara online berhasil sehingga efektif jika diterapkan di sekolah SMK Negeri 5 Gorontalo.
Kata Kunci : Pembelajaran Online, Matematika
Download berkas