Penulis / NIM
MUHAMMAD AFDAL BAU / 411416076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
Muhammad. Afdal Bau 411416076. Deskripsi Penggunaan Media E-Learning (Zoom, Whatsapp, Googleclassroom) dalam Pembelajaran Matematika di masa Pandemi (Covid-19). (Studi Kasus SMP N 4 Kota Gorotalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1).Prof. Dr. Evi P. Hulukati,M.Pd.,(2).Novianita Achmad, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media e-learning (Zoom, Whatsapp, Googleclassroom) dalam pembelajaran matematika di masa pandemi (Covid-19) yang terdapat di SMP N 4 Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas IX SMP N 4 Kota Gorontalo yang berjumlah 217 siswa yang terdiri atas 7 kelas. Sampel dalam penelitian sebanyak 22 orang dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Data yang didapatkan diperoleh dari lembar pengamatan guru dan peserta didik terkait penggunaan media e-learning di masa pandemi (Covid-19), tes hasil belajar angket respon peserta didik tentang penggunaan media e-learning dalam pembelajaran matematika di masa pandemi serta wawancara guru dan peserta didik tentang penggunaan media e-learning dalam pembelajaran matematika di masa pandemi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa penggunaan media pembelajaran e-learning (zoom, whatsapp, googleclassroom) dalam pembelajaran matematika di masa pandemi Covid-19 mengacu pada: (1) Kegiatan Guru memperoleh rata-rata presentase 54,4%, (2) Kegiatan Peserta didik memperoleh rata-rata 60%, (3) Respon Peserta didik memperoleh rata-rata 73,6%, dan tes hasil belajar presentase peserta didik yang tuntas adalah 45.4% dan peserta didik yang tidak tuntas memperoleh 54,5%
Kata Kunci : Penggunaan Media E-learning, Pembelajaran Matematika, Covid-19
Download berkas