Penulis / NIM
NURLAILA FATHIMAH ANWAR / 411416085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK
Nurlaila Fathimah Anwar, 2022. Deskripsi Efektivitas Pelaksanaan Proses Belajar Dari Rumah (BDR) pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19 di MAN 1 Kota Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Nurwan, S.Pd, M.Si, (2) Khardiayawan A.Y. Pauweni, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan proses Belajar Dari Rumah (BDR) ditinjau dari aktivitas belajar mengajar siswa dan guru dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI IPA yang kemudian subjeknya akan diperkecil menjadi 6 orang untuk di observasi proses pembelajaran di rumah masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan proses wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan observasi yang dilakukan bersama siswa dan guru dengan melihat persentase ketercapaian aktivitas guru dalam kegiatan mengajar sebesar 88,09% termasuk dalam kategori sangat layak dan persentase ketercapaian aktivitas aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebesar 77,33 % termasuk dalam kategori layak. Bahkan dilihat dari hasil wawancara bahwa pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) pada siswa dan guru yang cukup bervariasi membantu proses pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19 ini sehingga tergolong efektif.
Kata Kunci: Belajar Dari Rumah, Aktivitas Belajar Siswa dan Guru, Efektivitas Proses Belajar, Kelas XI IPA
Download berkas