Penulis / NIM
SESKAWATI IBRAHIM / 411416087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK
Seskawati Ibrahim 411416087. Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Proses Belajar Daring Kelas VIII MTs. Nurul Yaqin Kota Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd.,(2) Dewi Rahmawaty Isa, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa pada proses belajar daring. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Nurul Yaqin Kota Gorontalo kelas VIII dengan metode deskriptif yang melibatkan 21 orang siswa sebagai sampel penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari hasil data angket penyebab kesulitan belajar matematika siswa dalam proses belajar daring (online) dan wawancara yang digunakan sebagai data tambahan untuk mendeskripsikan respon peserta didik dalam proses belajar matematika yang dilakukan secara daring (online) dengan melibatkan beberapa indikator yaitu: (1) motivasi siswa, (2) peran guru, (3) fasilitas, (4) peran orang tua, (5) suasana belajar, (6) kondisi siswa, (7) keberadaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar matematika secara daring (online) berada pada kategori tidak baik, yang ditunjukkan dengan persentase skor yang dicapai oleh siswa adalah sebesar 63%.
Kata Kunci: kesulitan belajar, matematika, dan belajar online
Download berkas