Penulis / NIM
ISMAWANTI NAPUI / 411416094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd.,M.Si / 0013048801
Pembimbing 2 / NIDN
BERTU RIANTO TAKAENDENGAN, S.Pd, M.Pd / 0909029302
Abstrak
ABSTRAK
Ismawanti Napui. 411416094. 2023. Deskripsi Kemampuan Berpikir Analitis
Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Pecahan.
Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Resmawan, S.Pd., M.Si, (2) Bertu Rianto Takaendengan,
S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ��Ã..."Kemampuan Berpikir Analitis
Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Operasi Bilangan PecahanÃ��ÂÂ.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan pada tahun ajaran
2022/2023 dengan subjek penlitian kelas VII berjumlah 26 siswa di SMP Negeri 1
Ponelo Kepulauan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument
tes berbentuk uraian, untuk memperkuat dan menambah informasi yang diperluk an
dilakukan wawancara. Untuk mengukur kemampuan berpikir analitis siswa
digunakan 3 indikator, yaitu: 1) membedakan, 2) mengorganisasi, dan 3)
menghubungkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir
analitis siswa dalam pembelajaran matematika pada materi operasi bilangan
pecahan masih tergolong dalam kategori sedang. Selanjutnya untuk hasil setiap
indikator juga tergolong pada kategori sedang dengan masing-masing persentase
61.54%, 53.85%, dan 65.38%.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Analitis, Operasi Bilangan Pecahan.
Download berkas