Penulis / NIM
AULIA VANISA MOKODOMPIT / 411417013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
ABSTRAK
Aulia Vanisa Mokodompit, NIM. 411417013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Mutimedia Game Petualangan Dalam Limas (PDL) Berbasis Mobile Learning Berbantuan Model Project Based Learning Pada Materi Limas Di Kelas VIII-1 Smp Negeri 1 Tilango. SKRIPSI. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2021.
Pembimbing : (1) Dr. Drs. H. Ismail Djakaria, M.Si (2) Drs. Sumarno Ismail, M. Pd
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui multimedia game Petualangan Dalam Limas (PDL) berbasis mobile learning dan model Project Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Tilango pada tahun ajaran 2020/2021 semester genap dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan melalui multimedia game PDL dan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar Limas. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) Adanya peningkatan hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus II (2) Pada aktivitas siswa kriteria pengamatan terbagi menjadi 7 kriteria pengamatan dan pada siklus II mengalami peningkatan (3) Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus II. Jadi rata-rata hasil belajar matematika siswa pada materi limas telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan.
Kata Kunci : Multimedia Game PDL, Model Project Based Learning, Hasil Belajar Matematika
Download berkas