Penulis / NIM
DIYANTI DOMILI / 411417017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
ABSTRAK
DIYANTI DOMILI. NIM 411 417 017. "Pengaruh Penggunaan Multimedia
Game Petualangan Dalam Limas ( PDL ) Berbasis Mobile Learning
Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Kelas VIII SMP Negeri 1
Tilango". SKRIPSI. Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Matematika,
Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Gorontalo, 2021.
Pembimbing : (1) Dr. Ismail Djakaria, M.Si (2) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penggunaan multimedia game Petualangan dalam Limas (PDL)
berbasis mobile learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII SMPN 1
Tilango. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan
multimedia multimedia game Petualangan dalam Limas (PDL) berbasis mobile
learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII SMPN 1 Tilango Kab
Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Tilango. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random
sampling sehingga di peroleh untuk kelas VIII-2 terpilih sebagai kelas yang di
belajarkan dengan dengan menggunakan multimedia game petualangan dalam
limas (PDL) berbasis mobile learning (kelas eksperimen) yang di ikuti oleh 20
siswa dan kelas VIII-3 sebagai kelas yang di belajarkan media powerpoint (kelas
kontrol) yang di ikuti oleh 20 siswa. Dalam penelitian ini design yang di gunakan
adalah pretest-posttest control group serta teknik pengumpulan data yang di
gunakan adalah berbentuk essay. Analisis inferensial dalam penelitian ini
mengunakan uji anacova. Hasil penelitian ini diperoleh F*
= 10,361. Setelah
dibandingkan dengan nilai Ftabel = F(0,05;1;37) = 4,105 diperoleh F*
= 10,361 > Ftabel
= 4,105, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan multimedia multimedia game Petualangan dalam Limas (PDL)
berbasis mobile learning terhadap hasil belajar siswa
Kata Kunci : Multimedia Game PDL, Hasil Belajar , Limas
Download berkas