SKRIPSI

Penulis / NIM
TRISTANTI ANGGRAINI USMAN / 411417026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Pembimbing 2 / NIDN
SITI ZAKIYAH, S.Pd., M.Pd / 0013108703
Abstrak
ABSTRAK Tristanti Anggraini Usman. 411417026.2021. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 2 Limboto. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dra. Kartin Usman, M.Pd (2) Siti Zakiyah, S.Pd, M.Pd Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model Pembelajaran langsung pada materi Aritmatika Sosial. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Problem Based Learning lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Langsung materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 2 Limboto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limboto. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh untuk kelas VII-2 terpilih sebagai kelas yang dibelajarkan menggunakan Model Problem Based Learning (kelas eksperimen) yang diikuti oleh 20 siswa dan kelas VII-3 yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Langsung (kelas kontrol) yang diikuti oleh 20 siswa. Dalam penelitian ini design yang digunakan adalah pretest-posttest control group design serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay. Analisis inferensial dalam penelitian ini menggunakan uji Anacova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Problem Based Learning lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Langsung pada materi Aritmatika Sosial. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Materi Aritmatika Sosial Abstrac Tristanti Anggraini Usman. 411417026.2021.The Effect of Problem Based Learning Model on Students' Mathematical Problem-Solving Ability in Social Arithmetic Topic in Grade VII of SMP 2 Limboto. Undergraduate Thesis. Gorontalo. Study Program in Mathematics, Departemen of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The pricipal supervisor is Dra. Kartin Usman, M.Pd. The co-supervisor is Siti Zakiyah, S.Pd., M.Pd. This research is an experimental study that aims to determine the effect of using the Problem Based Learning Model on students' mathematical problem-solving ability, which is higher that using a direct learning model on Social Arithmetic topic. The hypothesis in this study is that students����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½�¯�¿�½ mathematical problem-solving ability taught by using the Problem-Based Learning Model is higher than the mathematical problem-solving ability of students taught by the Direct Learning Model in Social Arithmetic topic in grade VII SMP Negeri 2 Limboto. The Population is all students in grade VII of SMP Negeri 2 Limboto. The sampling applies cluster random sampling technique so it is obtained grade VII-2 as the class taught by the Problem Based Learning Model (experimental class) which is participated by 20 students and grade VII-3 taught by the Direct Learning Model (control class) is participated by 20 students. The study uses the pretest-posttest control group design with the provision of a problem-solving ability test in the form of essays as the data collection technique. The inferential analysis is the ANCOVA test. The results of this study indicate that the students����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½�¯�¿�½ mathematical problem-solving ability who are taught by the Problem Based Learning Model is higher than the students����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½�¯�¿�½ mathematicial problem-solving ability taught by the Direct Learning Model on Social Arithmetic topic. Keywords : Problem Based Learning Model, Problem Solving Ability, Social Arithmetic Material
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011